13 Metrik & KPI Pemasaran Digital Penting untuk Mengukur Kinerja

Diterbitkan: 2022-11-23

Metrik pemasaran adalah keunggulan kompetitif. Mereka memungkinkan Anda untuk membuat dan mengoptimalkan kampanye berdasarkan bukti yang dapat ditindaklanjuti daripada intuisi.

Namun untuk mengubah data menjadi wawasan dan uang, tidak cukup hanya dengan mengumpulkan informasi. Anda harus melacak metrik yang dapat Anda tindak lanjuti.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari metrik mana yang harus diukur untuk memahami dan meningkatkan kinerja pemasaran.

Panduan unggulan:

  • Rasio Pentalan vs. Rasio Keluar: Apa Bedanya?
  • Apa itu Rasio Klik-Tayang? Definisi Rasio Klik-Tayang
  • Rumus Tingkat Konversi: Cara Menghitung Tingkat Konversi
  • Tingkat Pentalan: Semua yang Ingin Anda Ketahui dan Banyak Lagi
  • Cara Menghitung dan Meningkatkan Customer Lifetime Value
  • Rasio Klik-Tayang PPC: Apa Artinya dan Cara Menggunakannya (dan Meningkatkannya)
  • Cara Melacak dan Meningkatkan Efektivitas Akuisisi Pelanggan E-niaga

Daftar Isi

  • Apa itu metrik pemasaran digital?
    • KPI vs. metrik pemasaran digital
  • 1. Keseluruhan lalu lintas situs web: Temukan tren dalam jumlah pengunjung
    • Cara melacak lalu lintas keseluruhan
  • 2. Lalu lintas menurut saluran: Cari tahu dari mana pengunjung Anda berasal
    • Di mana melacak lalu lintas berdasarkan saluran
  • 3. Tingkat keterlibatan: Pelajari konten mana yang sesuai dengan audiens Anda
    • Tempat mengukur tingkat keterlibatan
  • 4. Tingkat pentalan: Pelajari apa yang menyebabkan orang meninggalkan situs web Anda
    • Apa itu rasio pentalan yang baik?
    • Di mana melacak rasio pentalan
  • 5. Tingkat keluar: Identifikasi masalah di corong pemasaran Anda
    • Di mana melacak tingkat keluar
  • 6. Pengunjung baru vs. pengunjung kembali: Pahami cara pelanggan menggunakan situs web Anda
    • Tempat melacak pengunjung baru vs. pengunjung kembali
  • 7. Demografi pengguna: Analisis penargetan Anda
    • Tempat melacak demografi
  • 8. Sentimen: Lacak persepsi merek
    • Di mana melacak sentimen
  • 9. Tingkat konversi: Pahami keberhasilan pemasaran
    • Di mana melacak tingkat konversi
  • 10. Rasio klik-tayang: Pahami bagaimana email dan iklan Anda melibatkan pelanggan
    • Di mana melacak rasio klik-tayang
  • 11. Biaya per klik: Lacak pengeluaran iklan untuk meningkatkan performa
    • Di mana melacak BPK
  • 12. Biaya akuisisi pelanggan: Mencegah pengeluaran yang sembrono
    • Di mana melacak CAC
  • 13. Nilai Umur Pelanggan: Pelajari cara meningkatkan retensi
    • Di mana melacak nilai seumur hidup pelanggan
  • Kesimpulan

Apa itu metrik pemasaran digital?

Metrik pemasaran digital adalah nilai yang digunakan untuk melacak dan mengukur kinerja kampanye.

Metrik pemasaran yang tepat menunjukkan bagaimana pelanggan bereaksi terhadap upaya pemasaran digital Anda. Wawasan mereka mendukung pengambilan keputusan dan pengelolaan anggaran dengan mengidentifikasi saluran yang menguntungkan dan mengasah tempat untuk memaksimalkan konversi.

Untuk memanfaatkan apa yang dikatakan data kepada Anda, metrik harus selaras dengan tujuan Anda dan berkembang dengan strategi Anda.

Metrik yang berguna adalah akurat (mengukur apa yang diukurnya) dan selaras dengan sasaran Anda. Jangan mengukur apa pun kecuali data tersebut membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik atau mengubah tindakan Anda. – Set Godin

Sasaran menentukan indikator kinerja utama (KPI) Anda, yang menginformasikan metrik untuk dilacak.

KPI vs. metrik pemasaran digital

KPI dan metrik pemasaran digital sering digunakan secara bergantian karena keduanya mengukur kinerja. Namun ada perbedaan penting:

  • KPI adalah ukuran sasaran bisnis yang dapat dihitung . Misalnya, jika sasaran Anda adalah meningkatkan penjualan sebesar 20% selama kuartal berikutnya, Anda dapat menetapkan beberapa KPI untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kemajuan tim Anda (mis., akuisisi pelanggan baru, rasio konversi, dan rasio churn).
  • Metrik mengukur kemajuan menuju sasaran Anda pada tingkat taktis . Misalnya, jika Anda ingin melihat bagaimana laman landas berkontribusi pada sasaran Anda untuk meningkatkan penjualan, tingkat konversi adalah metrik yang baik untuk dilacak.

Singkatnya, KPI dapat terdiri dari beberapa metrik, tetapi tidak semua metrik adalah KPI.

Jika sasaran Anda adalah untuk meningkatkan penjualan, pelacakan pengunjung situs web bukanlah KPI, melainkan metrik. Karena lalu lintas situs web saja tidak terikat dengan tujuan Anda. Tetapi jika Anda memahami bagaimana lalu lintas diterjemahkan menjadi pengiriman formulir, itu menjadi penting.

Jika analitik pemasaran menunjukkan korelasi antara pengiriman formulir dan prospek yang memenuhi syarat penjualan (SQL), pengunjung dan pengiriman formulir menjadi KPI karena memberikan gambaran lengkap tentang kemajuan Anda menuju sasaran.

Tetapi jika pengiriman formulir sebagian besar berasal dari sumber lain seperti pemasaran email, pengunjung situs web hanya akan menjadi metrik, bukan KPI. Ini layak untuk dilacak, tetapi tidak terkait langsung dengan tujuan Anda seperti halnya KPI.

Platform Analytics melacak berbagai metrik secara default. Google Analytics, misalnya, melacak lebih dari 200 titik data berbeda yang mencakup seluruh corong pemasaran. Tidak semua ini relevan bagi Anda—fokuslah pada metrik yang memengaruhi KPI Anda.

Dengan mengingat hal ini, mari kita lihat 13 metrik pemasaran digital untuk melacak efektivitas kampanye.

Secara individu atau bersama-sama, masing-masing metrik ini akan berkontribusi pada tujuan pemasaran umum yang mendasari:

  • Membangun kesadaran;
  • akuisisi pelanggan;
  • Retensi pelanggan.

1. Keseluruhan lalu lintas situs web: Temukan tren dalam jumlah pengunjung

Lalu lintas situs web adalah pokok pemasaran digital. Di Google Analytics dan perangkat lunak analitik lainnya, keseluruhan lalu lintas menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi atau berinteraksi dengan situs web Anda. Data ini juga difilter menurut sumber untuk menunjukkan asal lalu lintas.

Misalnya, di screenshot ini, kita bisa melihat bahwa trafik kebanyakan berasal dari pengunjung langsung.

Cuplikan layar Ikhtisar Akuisisi Google Analytics 4

Lalu lintas keseluruhan memberi Anda pandangan sekilas tentang upaya pemasaran Anda. Jika banyak orang mengunjungi situs web Anda, itu adalah sinyal bahwa kampanye Anda efektif.

Jika lalu lintas turun, ini menunjukkan masalah. Ini mungkin terkait dengan masalah teknis seperti tautan rusak atau tanda konten berkinerja buruk.

Lalu lintas itu sendiri tidak memberikan informasi yang cukup untuk secara langsung memengaruhi jenis konten yang harus Anda buat. Ini adalah metrik yang paling baik digunakan bersama metrik lainnya untuk melacak KPI. Namun, ini adalah tolok ukur yang berguna.

Pantau lalu lintas dengan cermat untuk menemukan pola yang dapat memengaruhi strategi pemasaran Anda. Misalnya, jika jumlah pengunjung melonjak pada acara atau musim tertentu, Anda dapat menggunakan ini untuk membuat rencana ke depan dan menargetkan orang yang berminat.

Cara melacak lalu lintas keseluruhan

Ukur lalu lintas dari dasbor Google Analytics Anda.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Akuisisi > Ikhtisar .

Cuplikan layar Ikhtisar Akuisisi Lalu Lintas Google Analytics

Di Google Analytics 4 buka Reports > Life cycle > Acquisition > Overview .

2. Lalu lintas menurut saluran: Cari tahu dari mana pengunjung Anda berasal

Lalu lintas menurut saluran menambahkan daging ke tulang lalu lintas keseluruhan. Di Google Analytics atau platform analitik lainnya, saluran adalah sumber yang ditampilkan di keseluruhan dasbor lalu lintas. Mereka menunjukkan di mana pengguna berada sebelum tiba di situs web Anda, memberikan wawasan tentang kinerja kampanye Anda.

Tangkapan layar Saluran Sesi Lalu Lintas Google Analytics

Wawasan ini dapat digunakan untuk membantu memfokuskan inisiatif strategis Anda untuk memperoleh lebih banyak lalu lintas.

Misalnya, jika jumlah pengunjung yang tinggi berasal dari penelusuran organik dan sangat sedikit yang berasal dari penelusuran berbayar, Anda dapat mengalihkan anggaran iklan ke SEO. Jika analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa lalu lintas langsung berkontribusi lebih besar pada konversi, Anda memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya.

Berikut adalah berbagai saluran untuk dilacak dan artinya:

1. Langsung . Lalu lintas dari pengguna yang memasukkan URL ke browser, mengklik bookmark yang disimpan, atau mengklik link langsung dari luar browser (mis., di aplikasi). Lalu lintas ini biasanya berasal dari orang-orang yang memiliki kesadaran atau ketertarikan pada situs web Anda. Oleh karena itu, lalu lintas langsung kemungkinan besar berasal dari pengguna setia dan/atau terlibat. Ini menjadikannya metrik yang baik untuk mengukur kesadaran dan permintaan merek.

2. Rujukan . Lalu lintas dari tautan langsung, seperti tautan afiliasi atau sumber berita. Lalu lintas rujukan yang tinggi merupakan indikasi tautan afiliasi yang kuat atau liputan media. Lihat lebih dekat lalu lintas ini untuk memahami kemitraan Anda. Sumber yang mengarahkan banyak lalu lintas ke situs Anda dapat digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang.

3. Organik . Lalu lintas dari hasil tidak berbayar di mesin telusur. Jumlah lalu lintas organik yang besar adalah tanda bahwa konten Anda berkinerja baik di hasil pencarian. Lalu lintas cenderung memiliki niat tinggi, yang dapat menghasilkan tingkat keterlibatan yang tinggi. Gunakan Google Search Console atau alat seperti SEMRush untuk melihat kata kunci mana yang membawa lalu lintas ke situs web Anda. Bangun konten masa depan seputar istilah non-merek paling populer.

4. Berbayar . Lalu lintas dari iklan penelusuran berbayar di mesin telusur. Lalu lintas pencarian berbayar tinggi adalah tanda bahwa orang mengklik iklan Anda. Saat iklan muncul di hasil pencarian, pengunjung umumnya menunjukkan niat yang tinggi. Gunakan analitik iklan untuk melihat kata kunci dan memahami produk dan pesan mana yang memberikan kesuksesan.

5. Sosial . Lalu lintas dari platform media sosial. Secara konsisten menghasilkan lalu lintas sosial tingkat tinggi menunjukkan komunitas yang terlibat dan setia. Lihat platform mana yang mendorong lalu lintas terbanyak untuk memahami komunitas inti Anda.

6. Tampilan . Traffic dari iklan Display dan Video. Seperti lalu lintas berbayar, menghasilkan banyak pengunjung dari Display adalah tanda bahwa iklan Anda menarik. Gali lebih dalam dari mana lalu lintas ini berasal untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang penargetan, perpesanan, dan fokus produk Anda.

Di mana melacak lalu lintas berdasarkan saluran

Di Universal Analytics, buka Laporan > Akuisisi > Ikhtisar > Semua Lalu Lintas > Saluran . Klik saluran tertentu untuk melihat pengelompokan sumber Anda yang paling populer (mis. laman landas atau mesin telusur).

Tangkapan layar Google Analytics yang menunjukkan tempat untuk melacak lalu lintas menurut saluran

Di GA4, buka Laporan > Siklus proses > Akuisisi > Ikhtisar .

Anda akan melihat bahwa lalu lintas menurut saluran dikategorikan sebagai "Akuisisi pengguna" dan "Akuisisi lalu lintas".

Tangkapan layar Akuisisi Lalu Lintas Google Analytics menurut Saluran
  • Akuisisi pengguna menunjukkan dari mana pengguna baru berasal.
  • Akuisisi lalu lintas menunjukkan asal sesi baru untuk pengguna baru dan kembali.

Jika Anda ingin mengetahui sumber mana yang pertama kali membawa pengguna ke situs Anda, lihat akuisisi pengguna. Jika Anda menginginkan informasi tentang sesi terbaru, lihat akuisisi lalu lintas.

Pantau keduanya untuk melihat bagaimana audiens Anda terlibat dengan pemasaran Anda.

3. Tingkat keterlibatan: Pelajari konten mana yang sesuai dengan audiens Anda

Tingkat keterlibatan adalah metrik kinerja konten. Ini melacak seberapa aktif audiens Anda terlibat dengan konten Anda. Dari sini, Anda dapat memahami jika Anda menjangkau orang yang tepat dengan pesan yang tepat.

Keterlibatan yang tinggi menghasilkan peningkatan kesadaran dan afinitas merek yang kuat, yang mengarah pada peningkatan pendapatan.

Gunakan metrik keterlibatan untuk mengukur kinerja dan mempelajari konten mana yang sesuai dengan audiens Anda sehingga Anda dapat membuatnya lebih banyak lagi. Saat melakukannya, perhatikan riasan audiens Anda.

Misalnya, jika Anda menyadari bahwa persentase keterlibatan yang tinggi berasal dari demografi tertentu, Anda dapat mengubah audiens target dan strategi agar lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa yang dimaksud dengan pengguna yang terlibat berbeda tergantung pada konteks dan medianya. Oleh karena itu, ada berbagai metrik untuk dilihat tergantung di mana Anda mengukur keterlibatan. Inilah yang harus dilihat:

  • Situs web . Kedalaman gulir, rasio pentalan, tampilan halaman rata-rata, waktu rata-rata di halaman, bagikan, komentar posting blog, konversi formulir.
  • Email . Tarif terbuka dan tarif klik-tayang.
  • Facebook . Reaksi, komentar, bagikan, dan klik.
  • berkicau . Retweet, komentar, suka, dan klik.
  • Instagram . Suka, komentar, dan pandangan.
  • TikTok . Lihat, suka, komentar, dan bagikan.
  • LinkedIn . Interaksi, tayangan, klik, komentar, dan bagikan.

Tempat mengukur tingkat keterlibatan

Di Google Analytics 4, tingkat keterlibatan dihitung secara otomatis dan ditampilkan sebagai rasio dalam laporan akuisisi Anda. Untuk menemukannya, buka Laporan > Siklus hidup > Keterlibatan > Ikhtisar .

Cuplikan layar Google Analytics yang menunjukkan tempat untuk mengukur Tingkat Keterlibatan

Rasio dihitung sebagai:

Sesi engagement / total sesi x 100% = Rasio engagement

Misalnya, jika Anda memiliki 100 sesi engagement dan total 1.000 sesi, rasio engagement Anda adalah 10%.

100 / 1000 x 100% = 10%

Sesi keterlibatan dicatat saat pengunjung menyelesaikan satu atau beberapa hal berikut:

  • Melihat halaman selama 10 detik atau lebih;
  • Melihat lebih dari satu halaman;
  • Memicu peristiwa konversi (mis. mengirimkan formulir).

Sebagai referensi, menurut FirstPageSage, tingkat keterlibatan yang baik adalah di atas 63% untuk situs web B2B dan di atas 71% untuk situs web B2C.

Untuk mengukur keterlibatan media sosial, Anda harus menghitungnya sendiri. Formula untuk ini adalah:

Keterlibatan total / total pengikut x 100% = Tingkat keterlibatan

  • Keterlibatan total adalah jumlah dari semua interaksi (misalnya suka, bagikan, komentar, dll.).
  • Total followers adalah jumlah orang yang mengikuti akun Anda.

Misalnya, jika akun Twitter Anda memiliki 10.000 pengikut dan Anda menerima 200 suka, 100 balasan, dan 100 pembagian, tingkat keterlibatan Anda adalah 4%.

400 / 10.000 x 100% = 4%

Tingkat keterlibatan sosial berbeda tergantung pada platform dan industri. Lihat studi tolok ukur industri media sosial dari orang dalam sosial untuk melihat posisi Anda di pasar.

4. Tingkat pentalan: Pelajari apa yang menyebabkan orang meninggalkan situs web Anda

Rasio pentalan adalah persentase sesi yang berisi satu tampilan situs web Anda.

Pentalan dihitung saat pengunjung membuka situs web Anda dan pergi tanpa membuka halaman lain dan tanpa berinteraksi.

Jumlah pantulan dibagi dengan jumlah sesi untuk menemukan tarif. Misalnya, jika empat pengunjung melihat satu halaman sebelum keluar dan empat pengunjung melihat dua halaman sebelum keluar, rasio pentalan Anda adalah 50%.

Rasio pentalan dapat memberi tahu Anda seberapa relevan konten Anda dan apakah Anda mengarahkan lalu lintas ke laman landas yang tepat. Tingkat bouncing yang tinggi umumnya dilihat sebagai negatif (yaitu halaman Anda tidak memenuhi tujuannya) dan tingkat bouncing yang rendah sebagai positif. Tapi tidak selalu sesederhana itu.

Tingkat bouncing yang tinggi pada halaman bantuan, misalnya, bisa jadi karena pengunjung menemukan apa yang mereka butuhkan dan pergi dengan senang hati. Atau bisa jadi masalah dengan desain UX telah merusak pengalaman. Konteks itu penting.

Gunakan rasio pentalan untuk mengukur kinerja laman dan sebagai titik awal untuk memeriksa berbagai elemen.

Jika Anda mengalami rasio pentalan yang tinggi, ajukan beberapa pertanyaan yang lebih mendalam:

  • Apa tujuan dari halaman tersebut?
  • Apa tolok ukur rasio pentalan yang baik?
  • Apakah peningkatan rasio pentalan berkorelasi dengan peningkatan pendapatan dan metrik konversi?
  • Apa kualitas lalu lintas yang mendarat di halaman ini?

Berdasarkan jawaban Anda, buat perubahan yang diperlukan pada pemasaran, SEO, atau pengalaman pengguna Anda dan terus lacak pantulan dengan cermat.

Apa itu rasio pentalan yang baik?

Kami telah menerbitkan panduan ekstensif tentang rasio pentalan yang baik . Secara umum, dalam hal rasio pentalan, semakin rendah semakin baik. Namun, seberapa rendah seharusnya tergantung pada jenis halamannya.

Posting blog, misalnya, akan memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi secara alami. Orang-orang cenderung menjadi konsumen konten yang pasif, melihat postingan atau memindainya lalu mengklik ke hal lain. Mereka mungkin juga sudah diarahkan ke postingan melalui media sosial, membaca sedikit, lalu kembali scrolling.

Karena perilaku pengguna, rata-rata postingan blog memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi daripada, katakanlah, halaman produk. Di halaman produk, pelanggan cenderung memiliki niat membeli yang tinggi, artinya mereka akan berkonversi.

Selain itu, rasio pentalan bervariasi berdasarkan industri. Referensi, makanan dan minuman, dan industri sains memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi daripada industri real estate, belanja, dan game.

Untuk wawasan lebih lanjut tentang rasio pentalan berdasarkan jenis halaman dan industri, baca postingan kami tentang rasio pentalan.

Di mana melacak rasio pentalan

Ukur rasio pentalan di Google Analytics.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Akuisisi > Ikhtisar > Semua Lalu Lintas > Saluran atau Laporan > Perilaku > Konten Situs > Semua Laman .

Cuplikan layar Google Analytics yang menunjukkan tempat untuk melacak Tingkat Pentalan

Di GA4, rasio pantulan diukur sebagai bagian dari rasio interaksi (lihat metrik #3). Apa pun yang tidak digolongkan sebagai sesi keterlibatan dapat dilihat sebagai pantulan.

Untuk melihat rasio pentalan, Anda harus membuat laporan eksplorasi. Periksa

Panduan langkah demi langkah Loves Data tentang cara menambahkan rasio pentalan ke GA4.

5. Tingkat keluar: Identifikasi masalah di corong pemasaran Anda

Bila rasio pentalan mengukur jumlah orang yang telah membuka situs web Anda dan keluar dengan cepat, rasio keluar mengukur persentase pengguna yang telah keluar dari laman tertentu.

Ini dihitung dengan membagi jumlah total pengunjung ke halaman dengan total keluar yang diterimanya.

Lacak tingkat keluar untuk memantau keberhasilan corong konversi Anda. Tingkat keluar yang tinggi akan mengungkapkan pada tahap mana pengunjung jatuh sehingga Anda dapat memperbaikinya.

Misalnya, jika seseorang masuk ke beranda Anda dan menavigasi ke halaman produk Anda tempat mereka keluar, itu merupakan indikasi bahwa ada yang salah dengan laman tersebut.

Dari sini, Anda dapat melakukan penyesuaian seperti mengedit deskripsi produk dan ajakan bertindak (CTA), lalu menganalisis bagaimana tingkat keluar berubah.

Di mana melacak tingkat keluar

Ukur tingkat keluar di Google Analytics.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Perilaku > Konten Situs > Semua Laman .

Cuplikan layar Google Analytics yang menunjukkan tempat untuk melacak Tingkat Keluar

Di GA4, pintu keluar hanya tersedia di eksplorasi kustom. Untuk membuat laporan, lihat panduan langkah demi langkah Analytics Mania.

Pelajari perbedaan antara rasio pentalan dan rasio keluar dan mengapa keduanya penting bagi kinerja.

6. Pengunjung baru vs. pengunjung kembali: Pahami cara pelanggan menggunakan situs web Anda

Membandingkan jumlah pengunjung baru dengan jumlah pengunjung kembali adalah cara yang baik untuk mengukur keefektifan situs web dan konten baru Anda.

Di Google Analytics, pengunjung baru adalah pengguna yang menavigasi ke situs web Anda untuk pertama kali di perangkat tertentu. Pengunjung yang kembali adalah pengguna yang kembali ke situs web Anda di perangkat tertentu dalam jangka waktu dua tahun. Jika sudah lebih dari dua tahun sejak seseorang mengunjungi situs Anda, kali berikutnya mereka kembali akan dihitung sebagai kunjungan baru.

Angka-angka ini tidak selalu akurat. Misalnya, melihat 10.000 pengguna baru tidak selalu berarti 10.000 orang yang berbeda. Jika seseorang mengunjungi situs Anda dari perangkat atau browser baru, menggunakan penjelajahan pribadi, atau memblokir cookie, cookie tersebut akan dihitung sebagai baru meskipun sebenarnya tidak.

Tetapi membandingkan keduanya dapat mengungkapkan wawasan yang menarik.

Misalnya, jika pengunjung baru menghabiskan lebih sedikit waktu di situs Anda daripada pengunjung kembali, gunakan alat analisis perilaku seperti Hotjar untuk mengumpulkan data kualitatif guna mencari tahu alasannya. Jawabannya dapat digunakan untuk melakukan tweak untuk meningkatkan pengalaman. Misalnya, menggunakan kode kupon atau panduan gratis untuk memberi insentif kepada pengunjung pertama kali.

Jika pengguna yang kembali memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi daripada pengguna baru, lihat strategi dan desain konten Anda. Apakah kualitas konten baru cocok dengan postingan lama? Sudahkah Anda membuat perubahan UX yang mungkin mengasingkan pengguna yang sudah ada?

Tempat melacak pengunjung baru vs. pengunjung kembali

Metrik pengguna dapat dilacak di laporan Google Analytics.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Pemirsa > Perilaku > Baru vs. Kembali .

Cuplikan layar Google Analytics yang menunjukkan tempat untuk melacak pengunjung Baru vs. Kembali

Di GA4, buka Laporan > Siklus hidup > Retensi .

Cuplikan layar Google Analytics yang menampilkan Halaman Ikhtisar Retensi

7. Demografi pengguna: Analisis penargetan Anda

Demografi memberi Anda wawasan tentang audiens target Anda. Ini termasuk:

  • Lokasi;
  • Jenis kelamin;
  • Minat;
  • Usia;
  • Bahasa.

Gunakan informasi ini untuk membandingkan pengunjung situs web dengan audiens target Anda. Jika demografi cocok dengan persona pelanggan Anda, ini merupakan indikasi bahwa penargetan Anda efektif.

Jika keduanya sangat berbeda, itu pertanda pemosisian atau pengiriman pesan Anda tidak aktif. Jika demikian, lihat konversi (lihat metrik #9). Jika tarif turun dengan audiens inti Anda, tinjau kembali strategi pemasaran digital Anda.

Demografi juga dapat mengungkap peluang baru. Misalnya, sejumlah besar pengunjung dari lokasi atau kelompok usia yang mengejutkan dapat membuka pasar baru untuk dijelajahi.

Tempat melacak demografi

Pantau demografi di Google Analytics.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Pemirsa > Demografi . Dari sini, Anda juga dapat menjelajahi Minat dan Geografis (lokasi).

Tangkapan layar Demografi Google Analytics

Di GA4, buka Laporan > Pengguna > Demografi .

Tangkapan layar Ikhtisar Demografis Google Analytics

Platform lain seperti dasbor halaman bisnis Facebook dan alat manajemen media sosial seperti Sprout Social dan Hootsuite juga akan memberikan perincian demografis audiens sosial Anda.

8. Sentimen: Lacak persepsi merek

Agar merek Anda cocok dengan pelanggan, penting untuk mengetahui bagaimana persepsi perusahaan Anda.

Sebagian besar konsumen (94%) mengatakan bahwa ulasan negatif meyakinkan mereka untuk menghindari bisnis. Mengukur sentimen merek penting untuk mengelola reputasi merek dan memastikan persepsi negatif tidak merugikan keuntungan Anda.

Dari perspektif pemasaran konten, ini memperluas tingkat keterlibatan untuk memberi Anda wawasan yang lebih dalam tentang apa yang disukai pelanggan dan mengapa.

Dari perspektif layanan pelanggan, ini memungkinkan Anda untuk proaktif dalam mendukung Anda. Misalnya, memantau penyebutan merek mungkin mengungkapkan bahwa pelanggan frustrasi dengan keterlambatan pengiriman. Anda dapat menggunakan wawasan ini untuk mengirim email kepada mereka dengan permintaan maaf terlebih dahulu dan melakukan tindakan untuk mempercepat pengiriman.

Di mana melacak sentimen

Anda dapat mengukur sentimen dengan beberapa cara:

  • Siapkan Google Alerts untuk nama merek Anda dan topik terkait lainnya di mana merek Anda disebutkan secara aktif.
Tangkapan layar Penyiapan Google Alerts
  • Jalankan kuesioner pelanggan untuk mengetahui Net Promoter Score (NPS) Anda.
  • Tinjau email layanan pelanggan dan log obrolan dukungan secara teratur. Mengkategorikan konversi berdasarkan tag (mis., keluhan, kueri, dan pujian) untuk mengukur keseluruhan sentimen.
  • Pantau berbagi media sosial dan sebutan untuk nada, frekuensi, dan volume untuk mendapatkan konteks tentang bagaimana orang terlibat dengan merek Anda.

9. Tingkat konversi: Pahami keberhasilan pemasaran

Tingkat konversi adalah persentase pengguna yang mengunjungi situs web Anda dan menyelesaikan sasaran yang diinginkan, dari total pengunjung. Tindakan ini terkait langsung dengan tujuan Anda. Misalnya, mengisi formulir, mendaftar layanan, atau membeli produk.

Tingkat konversi dapat dihitung dengan rumus berikut:

Jumlah konversi / Jumlah pengunjung x 100 = Tingkat konversi

Misalnya, jika Anda menghasilkan 12 pembelian dari 240 kunjungan ke halaman produk Anda, rasio konversi Anda adalah 5%.

12 / 240 x 100 = 5%

Lacak tingkat konversi untuk memahami seberapa sukses Anda dalam menarik prospek atau pelanggan.

Konversi bisa spesifik atau seluas yang Anda inginkan, dengan wawasan yang digunakan untuk meningkatkan kinerja. Berikut adalah beberapa contoh tarif yang berbeda untuk dipantau:

  • Tingkat konversi keseluruhan . Seberapa baik situs Anda mengonversi lalu lintas dari semua sumber?
  • Saluran pemasaran tingkat konversi . Apakah Iklan Google mengonversi lebih baik daripada Iklan Facebook atau pemasaran email?
  • Halaman arahan tingkat konversi . Manakah dari halaman arahan Anda yang paling banyak menghasilkan lalu lintas? Bisakah format ini ditiru?
  • Rasio konversi kampanye . Apakah perubahan pada penargetan atau perpesanan membuat perbedaan?
  • Tingkat konversi iklan . Iklan mana yang mendorong lalu lintas yang lebih berkualitas? Apa yang dilakukan iklan ini yang tidak dilakukan oleh iklan berperforma buruk?
  • Tingkat konversi kata kunci . Kata kunci mana yang berkinerja terbaik? Persyaratan yang berhasil membutuhkan lebih banyak anggaran.

Gunakan hasil untuk mengidentifikasi saluran yang menguntungkan dan atasi masalah gesekan di corong penjualan Anda. Tingkat konversi yang buruk dikombinasikan dengan tingkat keluar yang tinggi, misalnya, dapat membantu Anda menentukan area untuk analisis.

Tapi apa yang membuat tingkat konversi baik atau buruk?

Sebagian besar analisis menemukan bahwa tingkat konversi rata-rata untuk perusahaan B2B adalah sekitar 2%, sedangkan untuk perusahaan B2C sekitar 1,6%. Tarif ini berguna untuk pembandingan, tetapi tarif Anda harus selalu diukur bersamaan dengan kualitas prospek dan penjualan.

Tingkat konversi yang tinggi untuk non-pembelian hanya menguntungkan garis bawah Anda jika menghasilkan pelanggan yang membayar.

Di mana melacak tingkat konversi

Pantau tingkat konversi di Google Analytics.

Di Universal Analytics, buka Laporan > Konversi > Sasaran > Ikhtisar .

Tangkapan layar Ikhtisar Konversi Google Analytics

Dari sini Anda dapat mempelajari konversi lebih dalam dengan melihat pencapaian sasaran berdasarkan URL, membalikkan jalur sasaran, dan visualisasi corong.

Ini akan membantu Anda memahami atribusi dan bagaimana berbagai halaman dan aset pemasaran berkontribusi terhadap konversi.

Lihat panduan kami untuk menyiapkan corong penambah konversi di Google Analytics.

Di GA4, konversi didasarkan pada peristiwa (tindakan) mana yang Anda tandai sebagai konversi. Misalnya, mengklik tautan atau menyelesaikan pembelian. Pelajari cara menyiapkan acara di panduan definitif kami untuk Google Analytics 4.

10. Rasio klik-tayang: Pahami bagaimana email dan iklan Anda melibatkan pelanggan

Rasio klik-tayang (CTR) menunjukkan hubungan antara jumlah penayangan dan jumlah klik pada iklan atau email.

Ini dihitung sedikit berbeda tergantung pada medianya.

Untuk email, rumus untuk menemukan CTR Anda adalah:

Jumlah orang yang mengklik link / Jumlah email yang berhasil terkirim x 100 = CTR

Misalnya, Anda mengirim email ke daftar 150 orang dan 100 berhasil dikirim. Dari 100 penerima tersebut, 50 mengklik CTA Anda dan dikirim ke halaman arahan Anda. Berdasarkan angka tersebut, CTR Anda akan menjadi 50%

50 / 100 x 100 = 50%

Untuk PPC, rumus untuk menemukan CTR Anda adalah:

Jumlah orang yang mengklik iklan / jumlah tayangan iklan x 100 = CTR

Misalnya, jika 100 orang melihat iklan Anda dan 10 orang mengkliknya, CTR Anda akan menjadi 10%

10/100 x 100% = 10%

CTR adalah metrik penting untuk mengukur efisiensi iklan PPC dan kampanye pemasaran email Anda.

Pantau CTR kampanye email Anda untuk menganalisis beberapa elemen dan meningkatkan hasil:

  • Minat atau kelelahan email;
  • Kualitas konten;
  • Tipe media;
  • Penempatan tautan;
  • Jumlah link.

Lacak RKPT untuk iklan untuk mengevaluasi kualitas kata kunci Anda dan juga iklan Anda. RKT adalah faktor kunci dalam rumus Angka Mutu Google yang digunakan untuk menaikkan posisi iklan Anda dan mengurangi pengeluaran Anda.

Tangkapan layar Angka Mutu Google

Pada dasarnya, CTR tinggi berarti kata kunci Anda menargetkan dan melibatkan audiens yang tepat.

RKT rendah menunjukkan adanya masalah pada salah satu faktor yang memengaruhi Angka Mutu Anda. relevansi kata kunci, kualitas halaman arahan, atau relevansi iklan.

  • Jika iklan Anda tidak ditampilkan, nilai kualitas kata kunci. Apakah Anda menawar istilah yang relevan dengan audiens target Anda?
  • Jika orang mengklik iklan Anda tetapi tidak berkonversi, analisis halaman arahan Anda. Apakah pesan konsisten dengan iklan Anda? Apakah itu cukup menjelaskan manfaat produk Anda? Apakah CTA jelas dan diposisikan dengan baik? Optimalkan berbagai elemen halaman Anda dan jalankan pengujian A/B untuk menemukan kombinasi elemen terbaik.
  • Jika orang melihat iklan Anda tetapi tidak mengkliknya, lihat pesan, gambar, dan CTA Anda. Apakah iklan menarik audiens target Anda? Sekali lagi, uji versi yang berbeda untuk mengukur apa yang berhasil.

Jadi apa itu RKPT yang baik?

Melihat semua industri menunjukkan RKPT rata-rata 6,64% untuk pencarian dan 0,57% untuk tampilan. CTR yang lebih tinggi dari rata-rata di industri Anda dapat dianggap sebagai CTR yang baik. Pelajari rata-rata industri Anda dalam perincian tarif klik-tayang kami.

Di mana melacak rasio klik-tayang

RKT email akan diukur secara otomatis di platform pemasaran email Anda. Anda dapat melacak tautan dengan dua cara:

  1. Klik unik . Ini melacak sekali untuk setiap pengguna yang mengklik tautan untuk mengungkapkan persentase penerima yang mengklik email.
  2. Semua klik tautan . Ini melacak setiap klik-tayang pada email, bahkan jika pengguna yang sama mengklik CTA beberapa kali. Ini akan mengungkapkan rasio email yang dikirim ke kunjungan ke situs web Anda. Gunakan untuk melihat seberapa efektif situs web Anda dalam mengonversi pengguna pertama kali.

Di Google Ads, RKT dapat ditemukan di dasbor Kampanye Anda.

11. Biaya per klik: Lacak pengeluaran iklan untuk meningkatkan performa

Biaya per klik (BPK) adalah harga yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan PPC. Karena keseluruhan laba atas investasi (ROI) kampanye Anda ditentukan oleh jumlah yang Anda bayarkan untuk klik dan kualitas lalu lintas yang didorong oleh klik tersebut, metrik penting untuk diukur dalam hal biaya dan nilai.

BPK bertindak sebagai termometer kinerja iklan. Pantau untuk mengidentifikasi iklan, grup iklan, atau kampanye iklan mana yang memberikan ROI terbaik, dan sebagai cara untuk membandingkan keefektifan iklan Anda dengan pesaing.

Untuk mengukur BPK rata-rata Anda, gunakan rumus berikut:

Total biaya klik / Total klik = BPK

Misalnya, jika iklan Anda mendapatkan dua klik, satu seharga $0,20 dan satu lagi seharga $0,10, biaya totalnya adalah $0,30.

$0,30 / 2 = $0,15

Menurut WordStream, BPK rata-rata di semua industri adalah sekitar $2. Biaya cenderung lebih tinggi untuk iklan jaringan pencarian dan lebih rendah untuk iklan yang ditampilkan di jaringan display Google.

Jika BPK Anda tinggi, itu menandakan ada ruang untuk peningkatan dalam Skor Kualitas atau penargetan iklan Anda. Untuk menurunkannya, analisis:

  • Penonton . Apakah Anda menargetkan orang yang tepat? Persempit audiens Anda ke satu grup tertentu.
  • Relevansi iklan . Pastikan iklan Anda menarik bagi calon pelanggan.
  • CTA . Uji salinan CTA yang berbeda. Dapatkan spesifik. Kata-kata tindakan pengguna untuk menarik klik. Misalnya, jika Anda memberikan ebook, jangan ucapkan “klik di sini”, katakan “unduh panduan gratis Anda”. Beri tahu orang tersebut apa yang akan terjadi saat mereka mengklik. Lihat panduan kami untuk menyusun CTA yang menarik.

Di mana melacak BPK

Ukur CPC di Kampanye Google Ads Anda dengan melihat kolom “Rata-rata. BPK”.

Screenshot Dasbor Ikhtisar Google Ads

12. Biaya akuisisi pelanggan: Mencegah pengeluaran yang sembrono

Biaya akuisisi pelanggan (CAC) mengukur berapa banyak yang harus dikeluarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Ini juga memberi tahu Anda berapa banyak yang Anda butuhkan untuk menghasilkan dari setiap pelanggan untuk menjalankan perusahaan yang layak.

Mengukur CAC sangat penting untuk memastikan Anda tidak membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan. Ini juga merupakan cara untuk mengidentifikasi peluang dan merampingkan pemasaran untuk ROI yang lebih baik. Misalnya, jika biaya akuisisi Anda tinggi untuk iklan LinkedIn, Anda dapat mengalihkan anggaran pemasaran ke taktik dengan CAC yang lebih rendah.

CAC dihitung dengan menjumlahkan biaya yang terkait dengan mendapatkan pelanggan baru dan membaginya dengan berapa banyak pelanggan yang Anda peroleh.

Total pengeluaran pemasaran / Jumlah pelanggan baru = CAC

Misalnya, jika Anda menghabiskan $300 untuk pemasaran email dan $400 untuk iklan PPC dan memperoleh 500 pelanggan baru, CAC Anda akan menjadi $1,6.

$700/500 = $1,6

Lacak CAC agar bisnis Anda tetap jujur ​​dan berbelanja dengan bijak. Lihat panduan kami tentang cara mempertahankan biaya akuisisi pelanggan yang sehat dan menggunakan metrik ini untuk pertumbuhan.

Di mana melacak CAC

Untuk mengukur dan membandingkan CAC dari waktu ke waktu, buat spreadsheet biaya untuk melacak pengeluaran.

Berikut ini contoh dari Alat Startup:

Cuplikan layar Spreadsheet Biaya untuk melacak CAC

Jika Anda ingin melacak pemasaran dan pengeluaran iklan, sertakan hanya pengeluaran pemasaran Anda.

Jika Anda ingin mengukur CAC Anda yang sebenarnya untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan bisnis secara keseluruhan, sertakan semua biaya yang terkait dengan operasi sehari-hari. Ini adalah Harga Pokok Penjualan Anda: bahan, sewa, tenaga kerja, penyimpanan, pengiriman, dll.

13. Nilai Umur Pelanggan: Pelajari cara meningkatkan retensi

Nilai Umur Pelanggan (LTV) adalah jumlah uang yang diperkirakan akan dibelanjakan pelanggan dengan bisnis Anda selama mereka menjadi pelanggan.

LTV adalah ukuran loyalitas pelanggan. Semakin berharga pelanggan lama bagi bisnis Anda dan semakin lama mereka bertahan, semakin sedikit Anda harus mengeluarkan uang untuk mencari pelanggan baru.

Lacak LTV untuk membantu menjawab beberapa pertanyaan penting tentang pelanggan dan pemasaran Anda, seperti:

  • Apakah penawaran memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendorong pembelian berulang?
  • How much should we invest in retaining or winning back customers?
  • Does our onboarding process help foster brand loyalty?
  • How much time and money should we invest in marketing for acquisition?

LTV is also an important financial metric. When measured alongside CAC, LTV provides a holistic view of your business. CAC tells you how much a customer costs. LTV reveals how much a customer is worth.

If you retain customers for a long time, LTV can put CAC in a more positive light. Here's an example from our guide on ecommerce customer acquisition costs:

If your CAC is $100 per customer, that may seem high. If you acquire 2,000 customers a year, your total expenditure would be $200,000.

However, if each customer stays with you for two years and has an average order value (AOV) of $30 a month, you earn $620 per customer. Multiply that figure by your 2,000 customers, and you get $1,240,000.

Calculate LTV as:

Average value of a sale x Number of repeat sales x Average retention time = LTV

For example, if a customer spends $20 per month on your product for three years, LTV would look like this:

$20 x 12 months x 3 years = $720 in total revenue (or $240/year)

This is a very basic equation and it's important to segment your customers to understand the correlations between those who stay and those who churn quickly.

LTV/CAC ratio should be at least three for a sustainable business (ie, a new customer should bring at least 3X the value of what they cost to acquire).

Anything less is a red flag that indicates overspending on acquisition. If this is the case, review the CAC of prominent channels and analyze your marketing funnel to find faults.

Where to track customer lifetime value

The numbers needed to track lifetime value can be found in the analytics and reporting tools of your ecommerce or sales management platform (eg, BigCommerce, WooCommerce, Pipeline, or Salesforce).

There are a few numbers you'll need to track in a spreadsheet to uncover your average LTV.

To find the average value of a sale, divide total revenue by the number of orders over the period.

Total revenue / Number of orders = Average purchase value

To find the number of repeat sales, divide the number of purchases by the number of customers over the period:

Number of purchases / Number of customers = Average number of repeat sales

Multiply average purchase value by average number of repeat sales to find your customer value.

Average purchase value / average number of repeat sales = Customer value

To find the average lifespan of your customers, divide the amount of time a customer continues to purchase from you by the total number of customers.

Customer lifespan / number of customers = Average customer lifespan

Finally, multiply customer value by customer average customer lifespan to get your average customer lifetime value.

To help you quickly run these sums, use Chattermill's customer lifetime value calculator.

Screenshot of Customer Lifetime Value Calculator

Kesimpulan

Tracking metrics lets you build digital marketing campaigns around what you know works and patch holes when they appear.

But not every metric is needed in every scenario. Use KPIs to determine which metrics to measure. Consider whether the data offers useful insights to improve performance. If it doesn't contribute to your goal, it's probably not worth tracking right now.
Become great at data-driven marketing and use insights to grow your business with CXL's Digital Analytics Minidegree.