Average Order Value (AOV): 7 Cara Mudah Meningkatkan Profitabilitas Anda
Diterbitkan: 2022-01-17Apakah bisnis Anda akhir-akhir ini sedang lesu?
Beberapa bisnis percaya bahwa mereka harus mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk mewujudkan peningkatan pendapatan. Meskipun ini memang bisa bermanfaat, Anda juga ingin fokus pada pelanggan yang Anda miliki.
Salah satu cara untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda adalah dengan fokus pada peningkatan nilai pesanan rata-rata (AOV).
Ini adalah taktik tertentu yang sering diabaikan, tetapi memiliki pukulan yang cukup kuat, terutama sebagai bagian dari strategi transformasi digital Anda secara keseluruhan.
Tentu, kedengarannya bagus, tapi berapa nilai pesanan rata-rata dan bagaimana saya bisa mencapai AOV yang lebih tinggi? Anda akan mempelajari semua ini dan lebih banyak lagi di bawah ini.
Berapa Nilai Pesanan Rata-Rata (AOV)?
Nilai pesanan rata-rata hanyalah jumlah rata-rata uang yang dihabiskan oleh pelanggan Anda ketika mereka memesan dengan Anda selama periode waktu tertentu.
Indikator kinerja utama (KPI) ini dapat dilacak untuk periode waktu apa pun , meskipun yang paling umum di antara perusahaan adalah memantau nilai pesanan rata-rata bulanan.
Jika Anda berhasil memiliki AOV yang tinggi, pertumbuhan pendapatan Anda kemungkinan akan lebih sehat dalam jangka panjang.
Mengapa AOV Penting?
Percaya atau tidak, AOV sebenarnya adalah salah satu metrik terpenting yang dapat Anda lacak sebagai bisnis.
Salah satu alasan utama pentingnya melacak AOV adalah karena AOV menawarkan wawasan yang dapat membantu menciptakan strategi penetapan harga dan pemasaran yang solid.
Nilai pesanan rata-rata dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang perilaku pelanggan Anda .
Dengan menjadi lebih akrab dengan berapa banyak pelanggan menghabiskan pesanan mereka dengan perusahaan Anda, rata-rata, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menyesuaikan harga dan upaya pemasaran Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan.
Pada dasarnya, semakin tinggi AOV Anda, semakin banyak pendapatan yang dapat Anda harapkan dari pelanggan Anda.
Anda memiliki kemampuan untuk meningkatkan pendapatan Anda tanpa meningkatkan biaya dan upaya penjualan dan pemasaran Anda.
Pada saat yang sama, karena AOV yang lebih tinggi dapat meningkatkan arus kas Anda, Anda memiliki dana tambahan untuk digunakan dalam strategi akuisisi pelanggan Anda .
Plus, arus kas yang meningkat itu hanyalah tanda bisnis yang sehat dan berkembang.
Cara Menghitung Nilai Pesanan Rata-Rata
Sekarang setelah Anda mengetahui berapa nilai pesanan rata-rata dan mengapa ini sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda, sekarang saatnya untuk mempelajari cara menghitung AOV.
Untuk menghitung nilai pesanan rata-rata Anda, Anda hanya perlu mengambil jumlah pendapatan total Anda dan membaginya dengan jumlah total pesanan untuk jangka waktu tersebut.
AOV = Total Pendapatan / Total Jumlah Pesanan yang Ditempatkan
Jadi, katakanlah Anda menghasilkan total $3.000 dan memiliki 100 pesanan selama bulan Februari. Ini berarti Anda memiliki nilai pesanan rata-rata $30.
AOV = $3,000 / 100 = $30
Ini berarti bahwa pelanggan cenderung membelanjakan $30 untuk setiap pembelian dari perusahaan Anda, rata-rata.
7 Cara Meningkatkan AOV
Jadi, apakah Anda siap untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda?
Berikut adalah beberapa taktik berbeda yang dapat diterapkan dengan mudah untuk melakukan hal itu.
#1: Tawarkan Pengiriman Gratis dengan Jumlah Pembelian Minimum
Salah satu cara sederhana untuk membuat pelanggan menambah jumlah produk di keranjang mereka adalah dengan menyediakan pengiriman gratis setelah total pembelian mereka mencapai jumlah tertentu.
Contohnya adalah menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan Anda ketika mereka mencapai total keranjang $50 atau lebih.
Dengan melakukan ini, kemungkinan besar Anda akan mengubah beberapa pembeli online Anda menjadi pelanggan yang membayar yang jika tidak, tidak akan menyelesaikan pembelian mereka.
Penelitian mengatakan bahwa 61% pembeli online akan membuang troli mereka jika mereka harus membayar pengiriman dan 69% dari mereka akan menambahkan produk ke troli mereka agar memenuhi syarat untuk pengiriman gratis.
Dengan itu, masuk akal bahwa ini adalah taktik umum yang digunakan di antara pengecer online untuk membantu meningkatkan AOV mereka.
Jika Anda memilih untuk mengikuti rute ini, pastikan bahwa penawaran tersebut ditampilkan di berbagai area di situs web Anda, termasuk beranda dan saat pembayaran.
Jika pelanggan tidak mengetahui adanya penawaran, mereka dapat memanfaatkannya.
Selain itu, cobalah untuk menargetkan suatu tempat antara 15% dan 20% lebih tinggi dari nilai pesanan rata-rata Anda saat ini untuk ambang pengiriman gratis Anda.
Ini membantu memotivasi pelanggan Anda untuk membelanjakan lebih banyak untuk mendapatkan opsi pengiriman gratis itu. Namun, jika Anda terlalu tinggi, itu bisa membuat mereka menjauh.
Pada akhirnya, ambang pengiriman gratis ada untuk mendorong pembeli membelanjakan sedikit lebih banyak dari biasanya agar pesanan mereka dikirimkan secara gratis kepada mereka.
#2: Jual Silang Produk Serupa
Pernahkah Anda memperhatikan bagian "Produk yang Direkomendasikan" ketika Anda melihat produk tertentu atau saat checkout?

Nah, ini adalah salah satu dari banyak cara bisnis dapat melakukan cross-selling produk mereka.
Taktik ini menggunakan produk yang dilihat atau dibeli pelanggan dan membuat daftar produk serupa yang mungkin diminati pelanggan.
Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan untuk menambahkan produk pelengkap ke keranjang mereka, meningkatkan nilai total pesanan mereka.
Dalam banyak kasus, cross-sell mengingatkan pembeli bahwa mereka telah melupakan sesuatu atau menunjukkan kepada mereka sesuatu yang tidak mereka sadari bahwa mereka membutuhkannya.
Sekarang, jika Anda memiliki produk yang dapat dipasangkan dengan sangat baik, pastikan untuk menyertakan informasi tersebut dalam deskripsi produk Anda.
Beri tahu pelanggan Anda bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan memasangkan produk saat ini dengan produk lain.
#3: Tingkatkan Penjualan Produk Anda
Mirip dengan taktik yang disebutkan di atas, strategi khusus ini terdiri dari menyarankan beberapa produk Anda yang lebih mahal.
Anda pada dasarnya menjual mereka sebagai nilai yang lebih tinggi , yang juga akan membantu meningkatkan AOV Anda jika mereka menambahkannya ke keranjang mereka.
Misalnya, jika Anda memiliki produk lama di inventaris Anda, pastikan rekomendasi menampilkan produk yang lebih baru dan serupa.
Meskipun bagus untuk menyingkirkan inventaris lama, tujuannya adalah untuk mendapatkan total harga keranjang yang lebih tinggi sehingga nilai pesanan rata-rata Anda meningkat.
#4: Tawarkan Penawaran Bundel dan Diskon Massal
Siapa yang tidak suka bundel yang bagus?
Pelanggan menyukainya, dan itulah sebabnya Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki bundel yang tersedia di situs web Anda.
Untuk membuat bundel, cukup kelompokkan beberapa produk yang biasa digunakan bersama, cocok satu sama lain, atau sering dijual di waktu yang sama.
Ini mendorong pelanggan Anda untuk melihat satu set lengkap ketika mereka hanya melihat satu produk dari set itu.
Dengan membeli kesepakatan bundel, yang seharusnya merupakan kesepakatan, Anda menjual lebih banyak inventaris dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda.
Selain penawaran bundel, Anda juga dapat menawarkan diskon massal kepada pelanggan yang memilih untuk membeli beberapa item yang sama.
Banyak konsumen suka membeli dalam jumlah besar karena menghemat uang , dan karena itu, mereka dapat menambahkan lebih banyak produk ke keranjang mereka dan meningkatkan AOV mereka.
#5: Tawarkan Pengalaman yang Dipersonalisasi
Personalisasi adalah kunci di era digital saat ini di mana teknologi tampaknya menjadi yang terdepan dalam segala hal.
Gunakan data pelanggan apa pun yang Anda miliki, termasuk pengalaman belanja yang ditargetkan , yang dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda.
Misalnya, riwayat pesanan pelanggan dapat memberi Anda wawasan yang dapat digunakan untuk merekomendasikan produk tertentu dan membuat pesan pemasaran yang berbicara kepada pelanggan.
Pada dasarnya, semakin spesifik dan tertarget Anda dalam pemasaran digital Anda, semakin tinggi kemungkinan pelanggan Anda akan menghabiskan lebih banyak per sesi.
#6: Buat Program Loyalitas Pelanggan
Saat Anda mencari cara untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda, serta loyalitas merek Anda, membuat program loyalitas untuk pelanggan Anda bisa sangat efektif.
Faktanya, ditemukan bahwa program loyalitas pelanggan dapat meningkatkan AOV rata-rata sekitar 14%.
Program loyalitas pelanggan akan membantu meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda sekaligus meningkatkan tingkat retensi pelanggan.
Pelanggan lebih cenderung membelanjakan lebih banyak dan mengunjungi situs Anda lebih sering jika mereka diberi imbalan untuk itu dalam beberapa cara selain mendapatkan produk hebat.
#7: Berikan Penawaran Waktu Terbatas
Urgensi dapat membantu memicu kebutuhan pelanggan untuk menambahkan lebih banyak produk ke keranjang mereka karena mereka takut mereka akan kehilangan banyak hal — dan tidak ada yang mau ketinggalan banyak!
Salah satu cara untuk meningkatkan AOV Anda dengan cara ini adalah dengan menawarkan kode diskon yang hanya tersedia dalam waktu singkat , seperti 24 hingga 72 jam.
Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan ambang ke diskon karena tujuan Anda adalah meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda. Anda tidak ingin mereka mendapatkan diskon hanya untuk produk $5, misalnya.
Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan taktik khusus ini, karena dapat merugikan pendapatan Anda dalam jangka panjang.
Anda ingin pelanggan Anda mengambil keuntungan dari kesepakatan karena mereka tidak yakin kapan yang lain akan datang.
Bungkus
Pada akhirnya, meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dan kesuksesan merek yang berkelanjutan.
Dengan menggabungkan beberapa taktik yang disebutkan di atas, seperti pengiriman gratis, penjualan silang, bundel, diskon massal, dan program loyalitas, Anda akan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Ketika Anda melakukan ini, pelanggan akan lebih bersedia untuk kembali ke bisnis Anda dan cenderung membelanjakan lebih banyak.
Penting untuk diingat bahwa konten yang Anda tempatkan di situs web Anda adalah yang membantu menjual produk Anda. Lihat artikel ini untuk bantuan dengan penjualan konten .
